Analisis Jabatan

You are here:
< Back

Analisis Jabatan (Job Analysis) adalah proses sistematis untuk menentukan berbagai tugas, aktivitas, perilaku, keterampilan, pengetahuan dan spesifikasi karyawan yang diperlukan untuk menjalankan suatu pekerjaan/jabatan dalam suatu organisasi.

Manfaat anajab:

  • Sebagai masukan penting bagi fungsi MSDM lainnya
  • Sebagai bagian penting dalam perancangan system organisasi

Jenis jabatan:

  • Jabatan structural
  • Jabatan fungsional

Hasil anajab:

  • Job description
  • Job specification
  • Job classification

Metode pengumpulan data dalam anajab:

  • Observasi
  • Performing the job
  • Interview
  • Panel experts
  • Critical incidents
  • Background records
  • Kuesioner
  • Diari/log book
  • Gabungan dari beberapa metode

Langkah anajab:

  • Persiapan penyelenggaraan
  • Pengumpulan data jabatan
  • Pengolahan data jabatan
  • Verifikasi
  • Pembetulan

Tanpa melakukan analisis jabatan, organisasi tidak akan dapat membentuk prosedur sumber daya manusia yang efektif untuk memilih, mempromosikan, melatih, menilai dan memberikan kompensasi kepada karyawan. Hal ini juga berimplikasi pada pemborosan waktu, tenaga, maupun biaya, serta timbulnya duplikasi pelaksanaan tugas di antara berbagai jabatan atau pekerjaan dalam organisasi atau perusahaan.