Pengertia Sosiologi Komunitas

You are here:
< Back

Kata sosiologi, pertama kali diperkenalkan oleh Auguste Comte, yang menyebut suatu disiplin ilmu baru yang mempelajari tentang masyarakat. Comte beranggapan bahwa, sudah tiba saatnya pengetahuan tentang masyarakat mendapat perhatian dan menjadikannya sebagai disipin ilmu baru terlepas dari filsafat.

Menurut Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, sosiologi atau ilmu masyarakat adalah ilmu yang mempelajari struktur social dan proses-proses social, termasuk perubahan-perubahan social.

Struktur social adalah keseluruhan jalinan antara unsur-unsur social yang pokok, yaitu kaidah-kaidah social (norma-norma social), lembaga-lembaga social, kelompok-kelompok serta lapisan-lapisan social.

Proses social adalah pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama, misalnya kehidupan ekonomi dengan segi kehidupan politik, segi kehidupan hukum dengan agama dll.

Masyarakat adalah setiap kelompok manusia yang telah hidup dan bekerja bersama cukup lama sehingga mereka dapat mengatur diri mereka dan menganggap diri mereka sebagai kesatuan social dengan batas-batas yang dirumuskan dengan jelas.

Komunitas adalah masyarakat yang bertempat tinggal di suatu wilayah(geografis) dengan batas-batas tertentu, dimana factor utama yang menjadi dasarnya adalah interaksi yang lebih besar diantara anggotanya, dibandingkan dengan interaksi dengan penduduk diluar batas wilayahnya. Hubungan yang erat dan ikatan solidaritas yang kuat antar anggota masyarakat serta ikatan dengan tanah dimana mereka tinggal, karena menganggap tanah tersebut memberikan kehidupan bagi mereka merupakan ciri komunitas yang dinamakan Community Sentiment (perasaan komunitas).

Perasaan komunitas meliputi unsure: seperasaan (identifikasi, solider, kepentingan sama, selaras dengan kepentingan kelompok), sepenanggungan (sadar akan peran dalam kelompok dan kedududukan yang pasti dalan kelompok) dan saling memerlukan (perasaan tergantung dari anggota kepada komunitas untuk memenuhi kebutuhan fisik maupun psikologis).