Rekrutmen

You are here:
< Back

Metode Rekrutmen internal

  • Job Posting Program
  • Departing employees
  • Walk ins dan Write ins (pelamar datang dan menulis lamaran sendiri).
  • Rekomendasi dari karyawan
  • Agen penempatan tenaga kerja (layanan informasi pekerjaan melalui papan pengumuman, penerbitan2 scr periodik, web site, e-mail).

Metode Rekrutmen Eksternal

  • Iklan (surat kabar, majalah, televisi, radio, internet).
  • Want-ads: menguraikan pekerjaan dan keuntungan, mengidentifikasikan perusahaan dan memberitahukan bagaimana cara melamar.
  • Blind-ads: iklan secara tertutup. Pelamar yang berminat diminta mengirimkan lamaran ke P.O. Box tertentu atau email atau pada alamat surat kabar.
  • Departemen atau dinas tenaga kerja.
  • Executive Search Firms/Headhunters
  • Organisasi-organisasi profesi/keahlian
  • Asosiasi-asosiasi pekerja
  • Program pelatihan kerja.
  • Pekerja sewaan (mis: jasa keamanan, penelitian, baby sitter, jasa hiburan).
  • Job Fair
  • Open House (rekrutmen di kampus)

Kriteria keberhasilan proses rekrutmen

  • jumlah pelamar.
  • jumlah panggilan atau penawaran.
  • jumlah yang diterima.
  • jumlah penempatan yang berhasil.

Strategi/Metode Rekrutmen Terkini

  1. Gamification
  2. Social Media
  3. Software ATS (Applicant Tracking System): workable, recuriterbox, atau Urbanhire
  4. Sistem Referal
  5. Datangi Mereka, mis: mendatangi komunitas tertentu yang berkaitan dengan pekerjaan yang tengah dibutuhkan